Home » Strategi Pencapaian

Strategi Pencapaian

Sasaran dan strategi pencapaian.

Sasaran

Program Studi Teknik Komputer memiliki sasaran yang menghasilkan yang mampu bekerja dalam standar pek­­­­erjaan di sektor industri teknologi komputer dengan kualifikasi:

  1. Memiliki kemampuan dan keahlian untuk merancang, membangun dan memelihara Jaringan Komputer dengan mengikuti fase pembangunan jaringan komputer yang benar melalui penerapan metodologi pembangunan sistem dan perangkat pendukung serta memiliki keinginan untuk selalu mengembangkan diri dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang Jaringan Komputer.
  2. Memiliki inisiatif serta kreativitas dalam mengkaji ataupun menyelesaikan setiap kasus serta mengemasnya menjadi informasi yang komunikatif. Memiliki etika dan etos kerja tim serta kewirausahaan sesuai tuntutan serta kebutuhan potensial pasar global
  3. Melaksanakan penelitian yang mampu menghasilkan karya ilmiah yang dapat dipublikasi pada jurnal ilmiah, disajikan dalam pertemuan ilmiah, atau dipatenkan atau diaplikasikan oleh masyarakat pengguna IPTEK teknologi komputer.
  4. Secara berkesinambungan meningkatkan kinerja sumber daya manusia dan sumber daya pendukung.
  5. Sekurang-kurangnya 10% lulusan per tahun berpredikat cum-laude.
  6. Penerimaaan mahasiswa baru 30 per tahun dengan keketatan seleksi 1:8.
  7. Waktu penyelesaian studi tepat waktu 100% dengan rata-rata IPK 3.00.
  8. Jumlah publikasi ilmiah per tahun: 2 skala internasional dan 10 skala nasional.
  9. Rata-rata kehadiran dosen dalam pengajaran minimal 95%.
  10. Nilai evaluasi dosen dalam proses belajar mengajar, rata-rata 3.0.

Strategi Pencapaian

  1. Strategi Prodi D3 Teknik Komputer di dalam mencapai sasaran, dilakukan dengan cara penyelenggaraan perkuliahan bertahap selama 6 (enam) semester. Kurikulum Prodi D III TK yang dirancang sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi D III TK dan diarahkan agar memenuhi dan mempunyai relevansi dengan kebutuhan masyarakat terhadap lulusan dan perkembangan pengetahuan agar ilmu pendidikan dan keterampilan yang diberikan selalu terkini. Pengembangan materi mata kuliah dilakukan pada setiap semester dan revisi kurikulum dilakukan setiap 3 (tiga) tahun sekali yaitu pada tahun 2001, 2004, 2007, dan 2010. Berhubung Politeknik Informatika Del membuka program studi baru yaitu Diploma 4 Teknik Informatika pada tahun 2012, maka revisi kurikulum dilakukan pada tahun 2012 dan mulai berlaku untuk mahasiswa baru Tahun Ajaran 2012/2013. Perubahan kurikulum dari periode ke periode adalah penyesuaian terhadap kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja serta mengikuti tren pengembangan ilmu. Untuk itu, kurikulum yang disusun mengacu pada kurikulum nasional dan dilengkapi dengan muatan lokal yang bersumber dari masukan-masukan dari pengguna lulusan termasuk dari kalangan industri dan instansi pemerintah dan swasta, untuk menjawab tuntutan dan kebutuhan stakeholders. Kurikulum baru yang telah disusun dijabarkan dalam Buku Kurikulum Politeknik Informatika Del 2012. Perbaikan isi kurikulum secara berkesinambungan meliputi aspek: relevansi isi, penambahan/penghapusan mata kuliah, media pembelajaran, evaluasi proses dan hasil pembelajaran serta mempertimbangkan umpan balik dari stakeholders. Area kompetensi yang ditambahkan untuk kurikulum mengikuti perkembangan keilmuan yaitu sistem tertanam.
  2. Mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi;
  3. Meningkatkan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif mengikuti kegiatan perkuliahan/tutorial, diskusi kelompok, membuat tugas mandiri atau kelompok, ujian tertulis, maupun dalam bentuk presentasi seminar kelas;
  4. Menyediakan sumber informasi di perpustakaan melalui jaringan yang dapat diakses melalui access point yang tersebar di lokasi PI Del;
  5. Meningkatkan manajemen internal, dan mengembangkan metode pembelajaran;
  6. Mengembangkan dan memfasilitasi interaksi ilmiah antar dosen, antar mahasiswa, serta antar dosen dan mahasiswa;
  7. Mengembangkan sistem monitoring dan evaluasi;
  8. Meningkatkan hasil karya-karya ilmiah dengan memberi kesempatan kepada staf pengajar untuk melakukan penelitian kompetitif. PI Del mengalokasian bantuan penelitian bagi Dosen.
  9. Meningkatkan peran staf pengajar dalam memberikan penyuluhan dan membina masyarakat melalui kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat;Meningkatkan jalinan kerjasama dalam semua bidang dengan instansi lain, baik pemerintah maupun swasta;